Sabtu, 02 April 2016

Macam – Macam Bentuk Kolonialisme dan Imperialisme

Macam – macam bentuk Kolonialisme :
a.      Kolonialisme Eksploitasi, bentuk kolonialisme yang menyebabkan terkuras habis sumber daya alam negara yang dijajah. Contoh: Belanda terhadap Indonesia. 
b.      Kolonialisme Deportasi, bentuk kolonialisme yang tujuan penguasaan suatu daerah lain untuk membuang para narapidana untuk bekerja diluar wilayah tersebut. Contoh: Inggris menguasai Australia, penjara - penjara Prancis di Kepulauan Pasifik
c.       Kolonialisme Penduduk ,bentuk kolonialisme yang menyebabkan tersingkirnya penduduk asli. Ditandai dengan menetapnya sejumlah penduduk negara asal di negara koloni sehingga mendesak pribumi. Contoh: Inggris menguasai Australia yang menyebabkan Suku Aborigin tersingkir, suku indian
d.      Kolonialisme Kelebihan Penduduk, bentuk kolonialisme di mana penguasaan suatu daerah ditujukan untuk menampung kepadatan penduduk. Contoh: Italia, Jepang pada abad ke-20
e.   Kolonialisme Sekunder, bentuk kolonialisme di mana daerah yang dikuasai akan dijadikan untuk kepentingan militer atau strategi perang, misalnya untuk pangkalan militer. Walaupun Tanah koloni tidak menguntungkan Kolonialis, tapi tetap dipertahankan karena memiliki kepentingan strategis.
f.    Koloni penunjang meliputi kota pelabuhan atau pulau kecil untuk pembangunan pangkalan militer.


Macam – macam bentuk Imperialisme :
Berdasarkan waktu munculnya :
a.      Imperialisme Kuno (Ancient Imperialism).
Imperialisme kuno (muncul pada kurang lebih 1500 M) berlangsung sebelum revolusi industry pada zaman kuno sampai zaman pertengahan. Imperialisme ini lebih menekankan pada perluasan wilayah yang dilakukan suatu negara terhadap negara atau daerah lain. Imperialisme kuno mempunyai semboyan gold (memupuk kekayaan), gospel (menyebarkan agama), dan glory (mencapai kekayaan). Sebagai contoh, dipelopori oleh Spanyol dan Portugis yang melakukan penjelajahan samudra serta menguasai daerah baru, mengumpulkan kekayaan dan menyebarkan agama oleh para misionaris yang turut dalam pelayaran tersebut, serta belanda.

b.      Imperialisme Modern (Modern Imperialism).
Berlangsung pada awal terjadinya Revolusi industri (1500 M) sampai akhir perang dunia 2 (1942) ( sesudah revolusi industry). Tujuan  imperialisme modern  didasari  oleh  keinginan  negara  penjajah untuk  mengembangkan  perekonomiannya. Yaitu  dengan menguasai  suatu  Negara  atau  daerah  untuk menampung kepadatan penduduk, lalu  Mereka membangun industri secara besar-besaran yang memerlukan bahan mentah serta daerah untuk memasarkan hasil industrinya. Hal ini menyebabkan adanya usaha untuk mencari daerah jajahan. Negara yang menjadi pelopor imperialisme modern adalah inggris (sebagai pelaksana Revolusi industri) dan jepang Inti dari imperialisme modern ialah kemajuan ekonomi.

c.       Imperialisme Ultramodern (neokolonialisme).
Tujuan imperialisme ini lebih menekankan pada penguasaan mental, ideologi, dan psikologi masyarakat dari Negara yang dikuasai.  Imperialisme ini berlangsung setelah perang dunia 2 sampai dengan sekarang. Contoh : perag dingin, terorisme, narkoba

Berdasarkan tujuan penguasaan :
a.  Imperialisme Politik bertujuan menguasai kehidupan politik suatu negara yang tersembunyi melalui bentuk protektorat dan mandotorium. Contoh: Inggris menguasai Singapura, India, Australia, Malaysia, dan negara tersebut dijadikan negara proktektorat Inggris.
b.   Imperialisme Ekonomi bertujuan untuk menguasai perekonomian suatu negara terhadap negara lain. Contoh: Jepang menguasai perekonomian Indonesia dengan menerapkan sistem dumping. 
c. Imperialisme Kebudayaan bertujuan menguasai mentalitas dan jiwa dari suatu bangsa. Imperialisme ini sulit diketahui dan dirasakan. Yang dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai kebudayaan ke negara yang dijajah, misalnya pemaksaan tradisi seikerei oleh Jepang, penggunaan bahasa Inggris di negara yang dijajah seperti di Amerika Serikat, Australia, dll.
d.   Imperialisme Militer bertujuan menguasai daerah negara lain yang dianggap strategis dengan menggunakan kekuatan angkatan bersenjata yang ditujukan untuk kepentingan perang, misalnya untuk pangkalan militer.

sumber :
http://ilmu-fakta.blogspot.co.id/2014/05/kolonialisme-dan-imperialisme.html
http://www.bantubelajar.com/2014/10/pengertian-kolonialisme-dan
imperialisme.htmlhttp://atariqb.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-kolonialisme-dan.html


9 komentar: