Rabu, 27 Juli 2016

H.I.C { Hakko I Chiu }

Hakko Ichiu (Delapan penjuru dunia di bawah satu atap) ? 
Muncul kembali dengan adanya restorasi meiji. Adapun restoresi meji sendiri muncul sebagai akibat adanya kekecewaan bangsa jepang kepada keshogunan tokugawa yang di anggap lemah kepada bangsa asing ,seperti amerika serikat inggris prancis dan rusia dengan cara membuka pelabuhan untuk perdagangan bangsa bangsa tersebut.
.
Hakko Ichiu ditemkan oleh kaisar jimmu sekitar abad 66. HAKKO ICHIU adalah suatu ajaran di jepang yang mengajarkan agar dunia di bentuk menjadi keluarga besar di pimpin oleh bangsa jepang. Ideologi hakko ichiu yaitu delapan penjuru dunia di bawah satu atap. Menurut shinto hakko ichiu itu diperintahkan oleh jimu tenno (tenno bertapa kurang lebih 660 SM) sebagai dewa kepada bangsa jepang untuk membentuk kekeluargaan yang meliputi seluruh dunia. Hakko ichiu di anggap sebagai titah dewa yang harus dilaksanakan sejak adanya restorasi meiji (1668).
.
Isi Hakko Ichiu adalah “Jepang adalah pusat dunia dan kaisar sebagai pemimpinnya. Kaisar adalah dewa di dunia yang mendapat kedewaannya dari amaterasu omikami langsung. Kami (dewa), melindungi jepang dengan segala kekuatannya hal ini menjadikan jepang suprior, lebih kuat, istimewa dibanding negara lain di dunia semua hal tesebut adalah dasar dari kodushugisa (jalan kekaisaran) sehingga jepang memiliki misi suci untuk menjadikan dunia sebagai satu keluarga dengan jepang sebagai pemimpin.” Dengan Hakko Ichiu jepang menjadikan asia sebagai kesatuan wilayah di bawah pimpinannya. Jepang berhak memperlakukan mereka dengan sewenang-wenangnya Slogan Hakko Ichiu dipakai sebagai semangat pendirian Negara dikalangan para penerbang dan juga untuk mewujudkan tatanan baru Asia Timur, selain itu slogan ini juga digunakan untuk pembenaran agrsi jepang ke luar negeri selama PD II. Hakko Ichiu dipakai kekaisaran Jepang sebagai kebijakan nasional sejak Perang Tiongkok-Jepang kedua hingga PD II pada 26 Juli 1940 .
v
v
v
Ajaran Hakko Ichiu ini mengalami kemajuan pesat berkat kemajuan yang telah dicapi Jepang d bidang perdagangan dan industry.


Wikipedia.com
Dapitagustian.bloqspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar