Rabu, 27 Juli 2016

FAKTA UNIK JEPANG

Jepang adalah Negara kepulauan yang jumlahnya mencapai 6.854 pulau. Termasuk 70 % wilayahnya adalah pegunugan.  Mengapa Jepang identik dengan Negara Matahari ? karena istilah Nippon atau nihon yang berarti matahari terbit. Makanya terdapat titik merah pada bendera jepang yang merupakan symbol dari matahari . Jumlah pendududk di Jepang termasuk tinggi apalagi yang berusia 100 tahun ke atas, hal ini karena jepang memiliki perawatan kesehatan dan budaya hidup yang baik.  Malahan jepang dianggap sebagai Negara peringkat 1 di dunia dalam ranking rata-rata umur hidup penduduk. Menurut mereka, apabila ada yang tertidur di meja kantor menunjukkan bahwa orang tersebut adalah pekerja keras dan jepang sangat menghargainya.

Yang paling  terkenal dari jepang tentu produk-produknya yan unggul seperti alat transportasi, kendaraan bermotor,dan alat elektronik. Oleh karena itu, jepang yang berpotensi gempa bumi siap menghadapinya dengan teknologi yang telah diciptakan. Selain teknologi, Jepang tenyata konsumen kayu besar yang didapat dari hutan hujan amazon. Tetapi Jepang merupakan pengimpor hasil laut terbesar di dunia yang mencapai 14 miliar US dollar, rata-rata produknya adalah rumput laut dan tangkapan ikan. Alhasil, jepang termasuk Negara dengan pertumbuhan ekonomi yang terbesar setelah AS.

Orang Jepang dikenal sangat sopan (menghormati dengan cara membungkukkan badan), buktinya ketika sedang menelponpun badan mereka tetap ikutan membungkuk ketika berkata “terima kasih / maaf “ . Dalam meminta maafpun dapat dilakukan dengan bunuh diri. Oleh karena itu, bunuh diri dianggap hal biasa bagi orang yang melakukan kesalahan.

Saat mengirim kabar, topic basa basi yang sering digunakan adalah tentang cuaca seperti ketika nulis surat/email, bahkan hal ini juga dilakukan ketika bertemu dengan orang yang tidak terlalu akrab. Mengapa orang jepang terbiasa jalan kaki atau naik kereta ketika berpergian ? salah satunya karena taxi di Jepang sangat mahal, bayangkan dari bandara narita sampai daerah-daerah tokyo bisa menghasbiskan sekitar 2jt rupiah untungnya dapat dibayar dengan kartu kredit. Nah , slaah satu bank lokal kita yang ada di jepang adalah bank BNI yang ada di Tokyo.

Zaman dahulu sempat ada sisitem kasta di Jepang, seperti yang dicirikan dengan baju kimono. Yang perlu dicermati adalah pola hidupnya karena ada keanehan yaitu ketika lahir dibawa ke kuil Shinto, ketika menikah diselenggarakan di gereja, dan ketika meninggal di makamkan di kuil Buddha. Faktanya banyak orang jepang yang tidak beragama dan tidak percaya tuhan. Nah, bisa dibilang agama di Jepang itu seperti mainan saja. Lhoo…
Sekian fakta unik tentang Jepang … Semoga Menarik….

kaskus.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar